Kesehatan

Olahraga Yang Efektif Menurunkan Kolesterol

Olahraga Yang Efektif Menurunkan Kolesterol

Foresthillcoc – Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Selain mengonsumsi obat penurun kolesterol, Anda juga bisa melakukan berbagai jenis olahraga untuk menurunkan kolesterol.

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa ada beberapa mekanisme olahraga untuk menurunkan jumlah kolesterol dalam darah. Pertama, olahraga akan merangsang enzim yang membantu mengeluarkan kolesterol jahat (kolesterol LDL) dari darah ke hati. Kolesterol kemudian diubah menjadi empedu untuk dicerna atau dikeluarkan dari tubuh.

Karena itu, semakin banyak Anda berolahraga, semakin banyak kolesterol jahat yang keluar dari tubuh. Hal ini akan menyebabkan penurunan kolesterol dalam darah. Kedua, olahraga membantu meningkatkan partikel kolesterol LDL dalam darah. Ini sangat penting, karena partikel LDL yang lebih kecil dan lebih padat sebenarnya lebih berbahaya daripada partikel yang lebih besar dan lebih halus.

Partikel kolesterol kecil ini dapat lebih mudah menembus lapisan jantung dan pembuluh darah, sehingga menyebabkan penumpukan kolesterol jahat. Tentu saja, perubahan gaya hidup seperti berolahraga secara teratur akan lebih baik daripada harus mengonsumsi obat penurun kolesterol.

Berikut jenis olahraga untuk menurunkan kolesterol yang bisa Anda terapkan.

1. Bersepeda

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menunjukkan bahwa orang yang bersepeda ke tempat kerja cenderung tidak memiliki kadar kolesterol tinggi daripada orang yang tidak bersepeda.

Dengan penurunan kadar kolesterol ini, tentunya risiko penyakit jantung juga akan menurun. Selain itu, bersepeda akan membakar kalori seperti halnya jogging. Untuk hasil terbaik, Anda harus memilih sepeda dengan ukuran yang tepat dan nyaman untuk dibawa ke mana saja.

2. Jogging

Jogging dikenal memberikan banyak manfaat kesehatan. Dalam sebuah penelitian di Italia 2013, orang yang berjalan 1 jam sehari hingga 5 hari seminggu menurunkan kadar kolesterol mereka. Jalan cepat adalah cara terbaik untuk menjaga sistem peredaran darah Anda tetap sehat. Aktivitas ini bahkan sering dianggap lebih baik daripada berlari.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa, selama jumlah energi yang dikeluarkan sama, jalan kaki sedang dan berat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan jumlah yang sama. Anda bisa memulainya dengan jalan-jalan santai di sekitar kompleks rumah dan kemudian jalan kaki lagi.

3. Lari

Berlari secara teratur juga dapat menurunkan kolesterol. Plus, berlari akan membuat tubuh Anda lebih bugar, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kesehatan mental Anda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa semua jenis lari mengurangi risiko semua penyebab kematian sebesar 27%.

Salah satunya adalah mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol darah. Dalam penelitian lain, juga dilaporkan bahwa orang yang berlari lebih jauh mengalami penurunan kolesterol yang lebih besar.

4. Latihan ketahanan

Latihan ketahanan atau disebut juga dengan latihan kekuatan dapat meningkatkan kekuatan otot. Sebagai permulaan, Anda bisa melakukan latihan kekuatan seperti push-up, angkat besi, dan sit-up.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine, terungkap bahwa seseorang yang premenopause yang melakukan sesi latihan ketahanan mengalami penurunan kolesterol dalam tubuhnya dalam waktu kurang dari 14 minggu.

Jangan berasumsi bahwa latihan ketahanan hanya bisa dilakukan oleh remaja. Orang tua juga bisa menerapkan olahraga ini untuk menurunkan kolesterol. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian terhadap wanita berusia 70 hingga 87 tahun yang diterbitkan dalam The Journals of Gerontology pada tahun 2014.

Mereka yang melakukan latihan ketahanan selama 11 minggu ternyata memiliki kadar kolesterol jahat dan kolesterol total yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Anda bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan melakukan latihan ini tiga kali seminggu, berlangsung 40-50 menit setiap sesi.

5. Yoga

Jika Anda tidak terlalu menyukai kardio, Anda dapat memilih olahraga lain untuk menurunkan kolesterol, seperti yoga. Selain menurunkan kadar kolesterol, yoga akan membantu melatih otot, menjaga kesehatan mental dan meningkatkan kualitas tidur. Berbagai perbaikan ini lambat laun akan membentuk kebiasaan dan gaya hidup yang lebih sehat, terutama bagi mereka yang sulit tidur.

Referensi:

Penyebab anak susah tidur

Tips kesehatan

Kegiatan Yang Dapat Menyebabkan Masalah Pengelihatan

Kegiatan Yang Dapat Menyebabkan Masalah Pengelihatan

Foresthillcoc РMerokok di usia muda dapat meningkatkan risiko terkena katarak di kemudian hari. Selain katarak, merokok juga dapat memperburuk gejala kondisi mata lainnya. Mata merupakan salah satu indera tubuh yang berfungsi untuk melihat. Mata dapat menyesuaikan diri dengan jarak dan cahaya saat melihat objek. Fungsi mata dapat menurun seiring bertambahnya usia. Orang dewasa di atas usia 40 tahun mungkin mengalami kesulitan melihat objek dari dekat. Selain itu, gangguan mata juga bisa terjadi karena aktivitas tertentu diyakini dapat menyebabkan gangguan penglihatan.

Penyebab Masalah Penglihatan

Beberapa aktivitas kita sehari-hari justru dapat menyebabkan masalah penglihatan. Apa saja kegiatan tersebut?

Aktivitas di bawah sinar matahari

Bahaya paling umum adalah mata kita bersentuhan langsung dengan sinar ultraviolet yang ada di bawah sinar matahari. Apalagi jika paparan sinar matahari ini berlangsung lama dengan frekuensi yang sering. Sinar ultraviolet ini akan menyebabkan kerusakan permanen pada bagian dalam mata.

Menonton TV untuk waktu yang lama.

Tidak hanya mata kita yang terus beradaptasi untuk fokus pada warna, ukuran, dan objek yang berbeda, mata kita juga sering fokus pada layar dari jarak dekat untuk jangka waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, penglihatan kabur, dan komplikasi serius lainnya.

Bermain video game

Bermain video game selama berjam-jam adalah penyebab lain yang dapat memengaruhi tekanan mata. Video game terus berubah dan gambar bergerak dan muncul. Mata bekerja keras untuk mengikuti sesuatu dan tetap fokus.

Penggunaan komputer/laptop

Penggunaan komputer/laptop dalam waktu lama juga dapat menyebabkan ketegangan mata. Meskipun tidak ada bukti ilmiah bahwa komputer berbahaya bagi mata, banyak orang mengeluhkan komplikasi mata akibat pekerjaan yang membutuhkan penggunaan komputer dalam waktu lama.

Nama baru untuk Penghapusan Mata Komputer adalah “Sindrom Penglihatan Komputer,” yang mengacu pada gambar kabur dan buram yang mulai Anda lihat saat Anda duduk dan menatap komputer untuk waktu yang lama.

Olahraga tanpa pelindung mata

Bermain olahraga juga dapat menyebabkan cedera mata yang serius. Beberapa olahraga yang melibatkan bola kecil seperti tenis, bola api, bola basket, dan pingpong memiliki risiko cedera mata yang tinggi. Olahraga apa pun di mana ada benda lepas atau terbang bisa berbahaya bagi mata. Untuk ini, Anda harus memakai pelindung mata seperti kacamata.

Merokok

Merokok merupakan ancaman bagi kesehatan mata. Perokok berada pada peningkatan risiko katarak, degenerasi bagian mata yang disebut makula, dan penyakit mata lainnya.

Berkebun

Berkebun sebenarnya baik untuk tubuh dan lingkungan. Namun ternyata jika kita tidak memakai pelindung mata yang tepat saat berkebun, bisa berbahaya bagi mata kita. Kotoran dan debu yang menyebar saat penyiangan dan penanaman dapat menyebabkan iritasi bahkan menggores kornea mata.

Kegiatan berkebun ini juga termasuk saat kita memotong rumput dengan mesin pemotong rumput dimana puing-puing batu yang terkena pisau pemotong dapat memantul kembali dan mengenai mata kita.

Cairan pembersih

Dalam kehidupan sehari-hari, kita biasanya menggunakan cairan pembersih yang biasa kita gunakan untuk membersihkan jendela, furniture, lantai dan lain-lain. Jika kita tidak hati-hati, cairan itu bisa memercik dan melukai mata kita.

Renang

Berenang sangat baik untuk kesehatan kita. Tapi Anda harus memakai kacamata renang agar tidak melukai mata Anda. Klorin dan bakteri di dalam air dapat menyebabkan infeksi mata atau komplikasi lainnya. Pemakai lensa kontak berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi jenis ini karena lensa menjebak bahan kimia atau bakteri langsung di mata.

Pemeriksaan mata diperlukan setiap 1 hingga 2 tahun untuk memeriksa kesehatan mata dan mendeteksi kemungkinan masalah penglihatan. Apakah normal memiliki lingkaran hitam atau putih saat melihat sesuatu? Adanya lingkaran hitam atau putih terkadang menandakan adanya masalah serius seperti katarak atau glaukoma. Namun dalam beberapa kasus, ini bukanlah masalah yang serius, hanya memerlukan penanganan medis dari dokter.

Titik buram atau hilang di pusat penglihatan juga bukan kondisi normal yang memerlukan pemeriksaan ke dokter. Salah satu penyebabnya adalah degenerasi makula yang menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan, terutama pada orang tua.

Sinar matahari dapat memicu masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia. Melihat langsung ke matahari dapat menyebabkan kerusakan permanen pada retina mata. Mengenakan kacamata yang dapat menghalangi sinar UVA dan UVB dapat membantu melindungi mata Anda.

Bagaimana Cara Merawat Mata?

Penuaan dan genetika merupakan faktor risiko gangguan mata yang tidak dapat dikendalikan. Seiring bertambahnya usia, seseorang membutuhkan kacamata untuk meningkatkan penglihatannya. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mata Anda, antara lain makan makanan sehat, tidak merokok, memakai kacamata pelindung matahari saat bekerja atau melakukan aktivitas di luar ruangan, dan melakukan pemeriksaan mata secara teratur.

Dapatkan mata indah dan sehat dengan pola hidup sehat dan pemeriksaan rutin.

Referensi:

Kacamata Ionspec

Resiko dan Cara Mengatasi Gigi Bungsu yang Bermasalah

Resiko dan Cara Mengatasi Gigi Bungsu yang Bermasalah

Foresthillcoc – Banyak orang memiliki masalah dengan gigi bungsu mereka. Gigi, juga disebut gigi bungsu, terletak di ujung gusi dan biasanya baru tumbuh saat dewasa. Tumbuh gigi bungsu sering menimbulkan masalah seperti rasa sakit yang dapat mengganggu mengunyah makanan. Masalah apa yang bisa terjadi pada gigi bungsu?

 

Masalah umum dengan gigi bungsu

Pertumbuhan gigi bungsu dapat terjadi tanpa menimbulkan rasa sakit. Namun, gigi bungsu terkadang tumbuh ke samping, mendorong ke dalam gusi atau gigi yang berdekatan dan menyebabkan rasa sakit dan sensitif. Kondisi ini disebut dampak.

 

Impaksi dapat terjadi ketika gigi tidak memiliki cukup ruang untuk tumbuh secara normal. Ketika ini terjadi, gigi bungsu yang tumbuh akan terasa sakit dan terkadang menyebabkan infeksi.

 

Terkadang kita tidak menyadari tumbuhnya gigi bungsu sampai kita merasakan sakit akibat benturan tersebut. Masalah rasa sakit akibat impaksi gigi bungsu bisa membuat Anda sulit menyikat gigi.

 

Gigi yang berjejal di rahang atau miring ke satu sisi sering bergesekan dengan pipi. Kondisi ini juga bisa menyebabkan luka di pipi dan nyeri saat mengunyah makanan.

 

Juga, jika ada sisa makanan yang tersangkut di antara geraham dan gigi bungsu, seringkali sulit untuk mendapatkannya dengan sikat gigi. Di masa depan, hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah seperti gigi berlubang, infeksi gusi, dan gigi berlubang lainnya.

 

Adanya pertumbuhan gigi yang miring juga dapat mendorong gigi tetangga. Akibatnya, kondisi ini akan menyebabkan struktur gigi lainnya runtuh.

https://www.minamidiamondring.com/2287/cara-menghilangkan-kerak-gigi-dengan-alami.html

 

Apa saja gejala gigi bungsu yang terkena?

Beberapa gejalanya mungkin mirip dengan apa yang Anda rasakan ketika gigi Anda tumbuh. Namun, gejala akibat benturan biasanya terasa lebih intens dan mengganggu seperti gambar di bawah ini.

 

Nyeri pada gusi dan gigi yang dapat menjalar ke area telinga dekat wajah

Gusi bengkak di bagian belakang mulut.

gusi berdarah

Kesulitan membuka rahang

rasa mulut yang buruk

Mulut berbau

Sakit saat mengunyah atau menggigit makanan

Jika Anda sudah memiliki infeksi, Anda mungkin juga mengalami beberapa gejala, termasuk:

 

gusi merah bengkak,

keluarnya nanah dari gusi,

nyeri pada kelenjar getah bening di bawah rahang dan

demam.

Apa yang terjadi jika gigi bungsu yang terkena tidak dicabut?

Seperti dijelaskan di atas, jika tidak diobati, gigi bungsu yang tumbuh tidak normal dapat menyebabkan masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

 

  1. rongga lainnya

Ketika gigi yang terkena mendorong gigi lain, risiko infeksi di daerah itu meningkat. Selain itu, gigi akan tumbuh ke samping dan berjejal, sehingga diperlukan pembedahan untuk pemulihannya.

 

  1. Kista

Gigi bungsu akan membentuk kantung berisi cairan di tulang rahang. Kista yang terbentuk akan merusak rahang, gigi, dan saraf. Tumor non-kanker juga bisa tumbuh.

 

  1. rongga

Seperti disebutkan di atas, lokasinya yang terpencil membuat sulit dibersihkan saat menyikat gigi, sehingga makanan dan bakteri dapat dengan mudah terperangkap di area tersebut. Akibatnya, itu juga dapat menyebabkan infeksi.

 

  1. Sakit gusi

Pembengkakan dan nyeri pada gusi, juga dikenal sebagai perikoronitis, dapat terjadi di area gigi yang terkena. Ini karena gigi sulit dibersihkan.

 

Bagaimana cara merawat gigi bungsu yang impaksi?

Saat Anda menemui dokter, dokter akan mendiagnosis gigi yang impaksi, apakah dicabut atau tidak. Jika gigi bebas dari penyakit, hanya bisa dirawat.

 

Di sisi lain, jika gigi bungsu yang terkena telah menyebabkan masalah dan menimbulkan risiko penyakit di masa depan, dokter akan melihat kemudian prosedur apa yang direkomendasikan.

 

Gigi impaksi yang menyebabkan rasa sakit dan masalah mulut lainnya direkomendasikan untuk ditangani dengan pembedahan.

 

Operasi akan dilakukan dengan anestesi lokal. Anestesi diberikan untuk membuat mulut mati rasa atau mati rasa sehingga Anda tidak merasakan sakit selama operasi.

 

Dokter kemudian akan melakukan pencabutan gigi tersebut. Dokter gigi akan membuat sayatan di gusi dan menghilangkan tulang yang menghalangi akses ke akar gigi yang impaksi. Setelah pengangkatan berhasil, dokter akan menutup luka dengan jahitan dan menutupi ruang kosong di area tersebut dengan kain kasa.

 

Ini tidak memakan waktu lama, Anda bisa pulang pada hari yang sama. Efek sampingnya adalah nyeri dan pendarahan, serta pembengkakan pada rahang.

 

Beberapa orang mungkin mengalami kesulitan membuka mulut karena otot rahang yang membengkak. Dokter akan memberikan instruksi untuk mengontrol pembengkakan dan rasa sakit. Anda juga harus minum obat dan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan.

Makanan Pembersih Paru-Paru Untuk Perokok

Makanan Pembersih Paru-Paru Untuk Perokok

Foresthillcoc – Bagi Anda yang terbiasa merokok, dibutuhkan waktu yang relatif singkat untuk berhenti. Itu harus lambat dan tidak bisa langsung. Saat Anda mengurangi merokok, Anda dapat memiliki 9 makanan dan minuman berikut untuk membantu merawat paru-paru Anda. Anda benar-benar harus berhati-hati agar paru-paru Anda bekerja dengan baik dan sehat. Coba lihat! Jual Alat HFNC

1. Jahe

Jahe sering menjadi bahan pokok dalam makanan sehari-hari kita selama ini. Kandungan zat antiseptik dan antibakteri dalam jahe dapat membuka saluran udara di paru-paru, sehingga memudahkan eliminasi radikal bebas yang menempel di paru-paru kita.

Rongga pernafasan terasa lebih lega dengan mengkonsumsi jahe. Jahe biasanya dimasukkan sebagai bahan pokok dalam masakan atau diminum dengan air hangat. Namun, yang terbaik adalah memakannya langsung saat Anda mengunyahnya.

2. Jeruk bali

Jeruk bali kaya akan antioksidan, sehingga dapat membantu tubuh melawan sel kanker dan membersihkan paru-paru. Jeruk bali mengandung vitamin C yang dapat menghambat kinerja enzim tubuh yang mengaktifkan sel kanker di paru-paru.

3. Makanan yang mengandung selenium, seperti keju

Selenium adalah mineral yang dapat merangsang enzim bersama dengan vitamin E untuk memperkuat paru-paru. Jika kandungan selenium tinggi, berarti kandungan sel kanker akan berkurang secara perlahan. Makanan yang mengandung selenium antara lain telur, keju, jamur, gandum, daging sapi, tuna, salmon, kepiting, dan kedelai.

4. Yoghurt

Yogurt dibuat dari dua jenis bakteri menguntungkan, yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Yogurt dapat menghasilkan zat yang dibutuhkan hati, sehingga bermanfaat untuk mencegah kanker dan penyakit paru-paru.

5. Delima

Ekstrak buah delima dapat membantu membersihkan paru-paru. Delima sangat membantu dalam meningkatkan suplai darah dan menghilangkan zat beracun dari paru-paru. Delima mengandung tingkat antioksidan tertinggi daripada anggur dan teh hijau. Tak hanya itu, buah delima juga membantu membersihkan sel kanker dari dalam tubuh.

6. Kunyit

Salah satu rempah khas Indonesia adalah kunyit. Rempah-rempah seperti jahe dapat meredakan peradangan di paru-paru. Kunyit mengandung kurkumin, yang membantu menghilangkan karsinogen paru-paru.

7. Berry

Anda bisa mengonsumsi blueberry, raspberry, atau blackberry untuk membantu merawat paru-paru Anda. Flavonoid, karotenoid, lutein, dan zeaxanthin yang ditemukan dalam buah beri dapat membunuh karsinogen paru-paru.

8. Bawang putih

Bahan makanan yang paling umum digunakan ini ternyata memainkan peran penting dalam perawatan paru-paru. Senyawa allicin dalam bawang putih dapat membunuh bakteri yang memicu infeksi paru-paru. Konon, bawang putih memiliki spektrum zat antimikroba yang luas mulai dari antibakteri, antijamur, antiparasit, antiprotozoal, dan antivirus.

9. Sayuran yang mengandung karotenoid

Manfaat kesehatan dari sayuran yang mengandung karotenoid berfungsi sebagai antioksidan untuk mengurangi risiko kanker paru-paru. Sayuran tinggi karotenoid termasuk 16.193 mikrogram daun anggur. Anda juga bisa makan lobak, wortel, sawi, bayam, selada, dan labu. Harga Alat HFNC

Paru-paru adalah salah satu organ sentral terpenting untuk fungsi pernapasan. Khusus bagi perokok, mulailah mengonsumsi sembilan makanan di atas agar paru-paru Anda terbebas dari penyakit kronis.