Kegiatan Yang Dapat Menyebabkan Masalah Pengelihatan

Kegiatan Yang Dapat Menyebabkan Masalah Pengelihatan

Foresthillcoc РMerokok di usia muda dapat meningkatkan risiko terkena katarak di kemudian hari. Selain katarak, merokok juga dapat memperburuk gejala kondisi mata lainnya. Mata merupakan salah satu indera tubuh yang berfungsi untuk melihat. Mata dapat menyesuaikan diri dengan jarak dan cahaya saat melihat objek. Fungsi mata dapat menurun seiring bertambahnya usia. Orang dewasa di atas usia 40 tahun mungkin mengalami kesulitan melihat objek dari dekat. Selain itu, gangguan mata juga bisa terjadi karena aktivitas tertentu diyakini dapat menyebabkan gangguan penglihatan.

Penyebab Masalah Penglihatan

Beberapa aktivitas kita sehari-hari justru dapat menyebabkan masalah penglihatan. Apa saja kegiatan tersebut?

Aktivitas di bawah sinar matahari

Bahaya paling umum adalah mata kita bersentuhan langsung dengan sinar ultraviolet yang ada di bawah sinar matahari. Apalagi jika paparan sinar matahari ini berlangsung lama dengan frekuensi yang sering. Sinar ultraviolet ini akan menyebabkan kerusakan permanen pada bagian dalam mata.

Menonton TV untuk waktu yang lama.

Tidak hanya mata kita yang terus beradaptasi untuk fokus pada warna, ukuran, dan objek yang berbeda, mata kita juga sering fokus pada layar dari jarak dekat untuk jangka waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, penglihatan kabur, dan komplikasi serius lainnya.

Bermain video game

Bermain video game selama berjam-jam adalah penyebab lain yang dapat memengaruhi tekanan mata. Video game terus berubah dan gambar bergerak dan muncul. Mata bekerja keras untuk mengikuti sesuatu dan tetap fokus.

Penggunaan komputer/laptop

Penggunaan komputer/laptop dalam waktu lama juga dapat menyebabkan ketegangan mata. Meskipun tidak ada bukti ilmiah bahwa komputer berbahaya bagi mata, banyak orang mengeluhkan komplikasi mata akibat pekerjaan yang membutuhkan penggunaan komputer dalam waktu lama.

Nama baru untuk Penghapusan Mata Komputer adalah “Sindrom Penglihatan Komputer,” yang mengacu pada gambar kabur dan buram yang mulai Anda lihat saat Anda duduk dan menatap komputer untuk waktu yang lama.

Olahraga tanpa pelindung mata

Bermain olahraga juga dapat menyebabkan cedera mata yang serius. Beberapa olahraga yang melibatkan bola kecil seperti tenis, bola api, bola basket, dan pingpong memiliki risiko cedera mata yang tinggi. Olahraga apa pun di mana ada benda lepas atau terbang bisa berbahaya bagi mata. Untuk ini, Anda harus memakai pelindung mata seperti kacamata.

Merokok

Merokok merupakan ancaman bagi kesehatan mata. Perokok berada pada peningkatan risiko katarak, degenerasi bagian mata yang disebut makula, dan penyakit mata lainnya.

Berkebun

Berkebun sebenarnya baik untuk tubuh dan lingkungan. Namun ternyata jika kita tidak memakai pelindung mata yang tepat saat berkebun, bisa berbahaya bagi mata kita. Kotoran dan debu yang menyebar saat penyiangan dan penanaman dapat menyebabkan iritasi bahkan menggores kornea mata.

Kegiatan berkebun ini juga termasuk saat kita memotong rumput dengan mesin pemotong rumput dimana puing-puing batu yang terkena pisau pemotong dapat memantul kembali dan mengenai mata kita.

Cairan pembersih

Dalam kehidupan sehari-hari, kita biasanya menggunakan cairan pembersih yang biasa kita gunakan untuk membersihkan jendela, furniture, lantai dan lain-lain. Jika kita tidak hati-hati, cairan itu bisa memercik dan melukai mata kita.

Renang

Berenang sangat baik untuk kesehatan kita. Tapi Anda harus memakai kacamata renang agar tidak melukai mata Anda. Klorin dan bakteri di dalam air dapat menyebabkan infeksi mata atau komplikasi lainnya. Pemakai lensa kontak berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi jenis ini karena lensa menjebak bahan kimia atau bakteri langsung di mata.

Pemeriksaan mata diperlukan setiap 1 hingga 2 tahun untuk memeriksa kesehatan mata dan mendeteksi kemungkinan masalah penglihatan. Apakah normal memiliki lingkaran hitam atau putih saat melihat sesuatu? Adanya lingkaran hitam atau putih terkadang menandakan adanya masalah serius seperti katarak atau glaukoma. Namun dalam beberapa kasus, ini bukanlah masalah yang serius, hanya memerlukan penanganan medis dari dokter.

Titik buram atau hilang di pusat penglihatan juga bukan kondisi normal yang memerlukan pemeriksaan ke dokter. Salah satu penyebabnya adalah degenerasi makula yang menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan, terutama pada orang tua.

Sinar matahari dapat memicu masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia. Melihat langsung ke matahari dapat menyebabkan kerusakan permanen pada retina mata. Mengenakan kacamata yang dapat menghalangi sinar UVA dan UVB dapat membantu melindungi mata Anda.

Bagaimana Cara Merawat Mata?

Penuaan dan genetika merupakan faktor risiko gangguan mata yang tidak dapat dikendalikan. Seiring bertambahnya usia, seseorang membutuhkan kacamata untuk meningkatkan penglihatannya. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mata Anda, antara lain makan makanan sehat, tidak merokok, memakai kacamata pelindung matahari saat bekerja atau melakukan aktivitas di luar ruangan, dan melakukan pemeriksaan mata secara teratur.

Dapatkan mata indah dan sehat dengan pola hidup sehat dan pemeriksaan rutin.

Referensi:

Kacamata Ionspec