Cara Buka Usaha Travel Mobil, Ternyata Mudah Loh

Cara Buka Usaha Travel Mobil, Ternyata Mudah Loh

Foresthillcoc –┬áBisnis travel mobil menjadi salah satu pilihan bisnis yang menarik dalam bisnis transportasi selain menjadi taksi online dan rental mobil. Bisnis ini memanfaatkan kebutuhan banyak orang untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Seperti bisnis lainnya, memulai bisnis perjalanan membutuhkan langkah-langkah. Modal merupakan hal utama yang terus menentukan jalur perjalanan untuk menentukan pengelolaan usaha.

1. Persiapan modal

Anda bisa sepakat bahwa road trip membutuhkan modal yang cukup besar. Memang tidak menghemat modal utama untuk membeli atau sekedar menyewa kendaraan. Biasanya kendaraan yang digunakan untuk menjalankan bisnis road trip adalah kendaraan roda empat berkapasitas besar seperti ELF atau L300 yang tentunya harus dalam kondisi baik.

Tidak harus baru, Anda juga bisa menggunakan mobil. Tentu harganya akan lebih murah. Akibatnya, ada sisa modal yang bisa dialihkan untuk kepentingan lain. Mobil-mobil ini akan menjadi urat nadi bisnis road trip Anda, katakanlah sebuah investasi. Setidaknya bisa menyediakan 3-4 mobil berkapasitas besar. Oh iya kalau mau beli mobil coba cari tempat jual beli mobil bekas secara online.

Dengan jumlah mobil di atas, modal komersial perjalanan darat bisa mencapai lebih dari 400 juta. Sekali lagi, ada banyak cara untuk meminimalkan modal tinggi. Anda benar-benar dapat bekerja sama dengan teman-teman Anda yang sudah memiliki kendaraan untuk mengubahnya menjadi bisnis road trip. Oh ya, manfaatkan kredit mobil juga ya.

2. Tentukan rute perjalanan

Sebenarnya untuk itinerary perjalanan tergantung dari lokasi kegiatan bisnis travel anda. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis road trip di pulau Jawa, pilihlah rute dengan banyak orang, biasanya kota-kota besar.

3. Tentukan tempat keberangkatan

Setelah menentukan rute, langkah selanjutnya adalah menentukan tempat keberangkatan. Agar lebih efisien, tentukan tempat keberangkatan sebagai agen perjalanan. Memperhatikan lokasi bisnis road trip memberi Anda peluang lebih besar untuk menarik konsumen.

Tempat pemberangkatan dan kantor perjalanan harus berada di lokasi yang strategis, misalnya di dekat kampus, terminal, stasiun, bandara atau di pusat kota.

4. Buat sistem agensi

Agar usaha travel mobil Anda dikenal banyak orang, cobalah menjalin kerjasama keagenan dengan berbagai bisnis terbuka pinggir jalan, seperti supermarket, pom bensin, toko oleh-oleh dan supermarket.

Cara ini dapat mengurangi layanan pengumpulan menjadi lebih hemat bahan bakar. Selain itu, kehadiran travel agent jelas memudahkan pembelian tiket bagi konsumen.

5. Melakukan pemasaran dan promosi

Ada beberapa cara untuk memasarkan pass transit ini. Sulit rasanya jika tidak berpromosi secara maksimal di tengah persaingan yang ketat. Yang pertama adalah menawarkan voucher pembelian tiket dalam jumlah tertentu, voucher makan di restoran atau resto dan berbagai pilihan bonus tambahan sebagai daya tarik.

Promosikan bonus ini dengan memasang iklan misalnya di koran daerah, radio lokal dan media kampus. Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk promosi. Oh ya, buat juga website untuk bisnis road trip Anda yang berisi informasi rute, agen, dan harga.

6. Pekerjakan pekerja berpengalaman

Anda perlu menyewa sopir yang tidak hanya mampu mengemudi, tetapi juga cukup berpengalaman untuk menempuh jarak yang jauh. Selain supir, juga mempekerjakan pekerja untuk mengurus administrasi dan pelayanan reservasi di kantor.

7. Atur manajemen dengan baik

Untuk skala bisnis road trip dengan 4 kendaraan sebenarnya tidak membutuhkan sistem manajemen yang rumit. Manajemen dibuat sederhana, termasuk manajemen penjualan tiket, manajemen biaya perjalanan, manajemen perawatan kendaraan, manajemen keagenan dan sistem promosi, bunga kerjasama bonus dan masalah pembayaran tenaga kerja.