Ciri-Ciri Rumah Sehat Yang Penting Diperhatikan

Ciri-Ciri Rumah Sehat Yang Penting Diperhatikan

Foresthillcoc –┬áSelama pandemi Covid-19, aktivitas kita sehari-hari, bekerja dan istirahat dilakukan di rumah. Agar dapat memulai aktivitas tersebut dengan baik dan nyaman, tentunya kita menginginkan rumah yang nyaman dan tenang. Namun bukan hanya rumah yang indah atau perabot yang lengkap yang menandakan rumah kita layak untuk ditinggali.

1. Memiliki ventilasi yang baik

Syarat rumah sehat adalah aliran udara dapat dipertukarkan melalui ventilasi. Pertukaran udara ini membuat rumah tidak terlalu berantakan dan tidak terlalu berdebu. Ventilasi juga bisa menambah penerangan di pagi hari dan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah.

2. Bebas dari jamur dan hewan pembawa penyakit

Rumah dengan dinding lembap bisa menjadi sumber tumbuhnya jamur. Solusi dinding lembap, Anda bisa mengaplikasikan wallpaper. Selain bisa menutupi jamur, wallpaper juga bisa mempercantik aksen dinding di rumah. Rumah yang disebut sehat juga harus bebas dari hewan yang dapat menularkan penyakit seperti tikus, kecoa, kelabang, lalat dan lain-lain.

3. Membersihkan pembuangan sampah

Pastikan rumah Anda memiliki tempat pembuangan sampah di dalam dan di luar rumah. Sampah berguna untuk mengumpulkan sisa makanan atau barang lain yang tidak terpakai.

Tempat pembuangan akhir yang baik jika Anda memisahkan sampah organik dari sampah anorganik. Karena pemilahan sampah dapat menjadi sampah yang bermanfaat baik untuk didaur ulang maupun dijadikan pupuk bagi tanaman.

4. Sanitasi yang baik dan drainase air yang lancar

Memiliki sumber air minum merupakan kebutuhan bagi setiap orang. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan sanitasi air di dalam rumah agar rumah tetap sehat dan bersih. Yang ideal adalah memiliki air bersih di dalam rumah dengan kapasitas 60 liter/hari/orang. Sanitasi air tidak kalah pentingnya.

Rawat talang yang merupakan saluran drainase di rumah Anda agar aliran air lancar tanpa menggenang dalam waktu lama, terutama di musim hujan. Karena dengan adanya genangan air akan berdampak pada sarang nyamuk yang dapat menjadi sumber penyakit.

5. Lantai rumah tahan air

Lantai yang rapat merupakan syarat rumah yang sehat. Bahannya bisa bermacam-macam: ubin, semen, kayu atau keramik. Lantai berdebu atau becek selain tidak nyaman juga bisa menjadi sumber penyakit karena membuat rumah lembab. Pemilihan lantai sangat penting. Misalnya, ubin yang licin dapat menyebabkan penghuni terpeleset.

6. Memiliki ekstraksi asap yang baik

Asap paling mencemari yang dihasilkan rumah berasal dari asap masakan. Untuk itu, rumah yang sehat harus ada pembuangan asapnya agar tidak mengotori ruangan lain. Hindari juga penggunaan cat dari bahan berbahaya, yang berpotensi mengganggu sistem pernapasan penghuninya.

7. Memiliki tembok yang kuat

Hunian dengan dinding yang baik merupakan ciri rumah yang sehat. Dinding rumah harus tahan agar aman dan nyaman untuk ditinggali. Dinding juga harus dilindungi dari infiltrasi air dan jamur. Karena dinding tidak tahan terhadap kelembapan dan jamur, dinding dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri dan memengaruhi kesehatan pernapasan kita.

8. Tata letak setiap ruangan yang sehat

Ciri rumah yang sehat adalah penataan setiap ruangan yang memiliki bentuk bangunan apartemen yang benar. Dalam tata ruang, rumah sebaiknya memiliki ruangan seperti kamar tidur, ruang makan, ruang tamu, dapur, dan kamar mandi.

Selain itu, setiap ruangan harus ditata sesuai dengan fungsinya. Ruang-ruang dengan fungsi yang berkaitan erat dikelompokkan bersama untuk memfasilitasi pelaksanaan dan kelancaran kegiatan.

9. Memiliki teras dan pepohonan

Rumah dengan teras dan banyak pepohonan adalah salah satu ciri rumah sehat. Taman yang cukup dapat membuat anak bebas bermain dan menjadi sumber penghijauan rumah. Pohon yang ditanam dapat memberikan oksigen yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, jika ingin membeli rumah, pilihlah rumah yang memiliki kavling yang cukup luas. Lebih baik ukuran rumah kecil, tapi teras luas, daripada sebaliknya.

Referensi:

Rumarumi.com